Thursday, January 5, 2017

Solusi Atasi CPU Hidup tapi Monitor Mati dan Tidak Tampil

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian seperti ini, CPU bisa menyala, tetapi tidak ada tampilan sama sekali di layar monitor. Bahkan komputer saya juga pernah seperti itu, pasti sangat menjengkelkan ya ?? Pasti bagi yang tidak tahu tentang dunia komputer, akan langsung menyerahkan komputernya di toko service komputer. Ok, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara - cara untuk memecahkan masalah di atas.


 1. Copot kabel VGA yang menghubungkan CPU dengan monitor, lalu pasang kembali, lalu coba hidupkan komputer

2. jika layar monitor belum bisa hidup, bongkar casing CPU, lalu lepaskan baterai CMOS yang ada di motherboard, kemudian pasang lagi baterai CMOS - nya, lalu coba hidupkan komputer ( menurut pengalamanku, sampai langkah kedua ini seharusnya layar monitor anda sudah bisa menyala )

3.Jika masih belum bisa hidup, lepaskan VGA card dari slot VGA, lalu bersihkan chip nya( yang berwarna kuning keemasan) dengan menggunakan penghapus pensil( gosokkan penghapus dengan searah). Kemudian pasang kembali pasang kembali.. Coba hidupkan komputer kembali.



4. Jika masih belum hidup, Copot RAM , lalu bersihkan dengan penghapus pensil ( minimal 10 gosokan searah ). Lalu pasang RAM kembali. Coba hidupkan komputer


5. Jika masih belum  menyala, copot RAM lagi, dan ganti dengan RAM dari komputer lain
    Copot juga VGA card , dan ganti dengan VGA card dari komputer lain. Lulu hidupkan komputer

6. Jika masih belum menyala, berarti motherboard komputer anda yang telah rusak 


SEKIAN,  SEMOGA MEMBANTU :)


Read more: http://ajibondhankottama.blogspot.co.id/2014/02/solusi-cpu-menyala-tapi-layar-monitor.html#ixzz4UtVJwaMu

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta