Monday, July 10, 2017

Arti Pengertian Format Image PNG JPG dan GIF

PNG merupakan kepanjangan dari Portable Network Graphics, yang dikembangkan sebagai alternative lainnnya daripada GIF, yang menggunakan kompresi algoritma LZW. PNG merupakan tipe file gambar sempurna untuk grafis Internet yang support transparansi di browser dengan prinsip elegan yang tidak bisa dilakukan dengan GIF. PNG support warna 8 bit seperti GOF, namun juga support warna RGB 24 bit, seperti JPG. Ada file non-lossy, kompresi image tanpa adanya degradasu kualitas gambar. PNG ideal untuk software screenshot, memberikan reproduksi piksel per piksel untuk lingkungan desktop komputer.

PNG merupakan tipe image terbesar untuk image yang besar, memiliki informasi yang berguna, tengantung kebutuhan user. PNG 8 bit merupakan pilihan, namun GIF jauh lebih kecil. Singkatnya, berbeda dengan GIF yang digunakan hanya untuk animasi dan JPG yang digunakan untuk fotografer dan image di Internet walaupun sering mengalamai degradasi setiap disimpan, namun PNG adalah pilihan bagus untuk gambar transparansi dan non-lossy, juga ukuran file yang lebih kecil.

JPG yang dikembangkan oleh Joint Photographic Experts Group (JPEG) merupakan tipe file gambar yang menjadi standard untuk fotografer professional. Seperti metode penggunaan file ZIP yang digunakan untuk menemukan redundansi data ketika kompresi data, JPG dapat mengompress data image dengan mereduksi bagian image yakni memblokir piksel atau 'tile' Kompresi JPG memiliki sisi negative yakni dapat berlaku secara permanen, namun teknologi ini dibuat untuk menyimpan file image foto yang besar ke dalam space yang kecil dan bukan untuk editing foto.

JPG sendiri kini menjadi standard de facto image untuk Internet karena dapat dikompress sangat banyak. Sebuah file gambar tipe JPG dapat dikompress ke rasio dari 2:1 hingga 100:1, tergantung setting Anda. JPG juga tidak ideal untuk tipografi, ataupun fotografi dengan batas yang jelas (sharp edge), karena akan tampak blur dengan anti-aliasing. Yang lebih buruk adalah, dapat menyebabkan terjadinya degradasi gambar artwork setiap kali menyimpan. Untuk itu, JPEG kemudian mengembangkan teknologi JPG guna menangani problem serius soal degradasi kualitas gambar tersebut. Bisa men-download plugin yang memudahkan user untuk membuka dan menyimpan file image JPG2000, dan program tertentu, seperti aplikasi Apple Preview, dan dapat membaca dan menyimpan JPG2000 secara langsung.

GIF sama seperti JPG, merupakan tipe file image lama yang diasosiasikan dengan Internet. GIF kepanjangan dari Graphics Interchange Format, dan mengembangkan kompresi yang gagal seperti yang digunakan oleg TIFF. Teknologi GIF ini sudah controversial di awalnya (berkaitan dengan hak patent), namun kemudian sudah diterima sejak semua patent tersebut tidak berlaku.

GIF pada dasarnya merupakan file berwarna 8 bit, artinya terbatas kepada palette 256 warna, yang dapat diambil dari model warna RGB dan disimpan menjadi CLUT (Color Look Up Table) atau Color Table. Untuk GIF ada palette warna standard seperti palette Web Safe. Selain support transparansi, GIF juga support animasi, terbatas untuk setiap frame-nya 256 untuk setiap warna yang dipilih.

Sementara GIF tidak sesimple JPG, konversi warna 8 bit dapat mendistorsi banyak gambar, menggunakan filter untuk mencampur atau menggabungkan warna, sama dengan dot halftone. Hal tersebut dapat menyebabkan sebuah perubahan dalam image yang lebih buruk, atau biasanya bisa digunakan untuk membuat efek menarik. GIF dapat digunakan untuk menjaga bentuk tipografi dan geometri, walaupun keduanya cocok digunakan untuk file grafik vector seperti SVG atau format Adobe illustrator (AI).

GIF tidak cocok untuk fotografi modern ataupun menyimpan image. Dengan ukuran file yang kecil dan warna yang terbatas, image GIF memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan JPG. Namun, di ukuran normalnya, kompresi JPG dapat membuat image yang lebih kecil disbanding GIF. File GIF biasanya dibuat untuk membuat bayi menari atau gambar transparansi.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta