Monday, July 24, 2017

Contoh Teks Hasil Observasi Keindahan Alam di Indonesia



TEKS OBSERVASI KEINDAHAN ALAM
Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan

http://ariesaksono.files.wordpress.com/2008/03/dscf1593-copy.jpg?w=450&h=337

Wilayah Kabupaten Bandung memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang indah beserta legenda-legenda yang menarik. Salah satunya adalah Kecamatan Ciwidey yang berada di selatan Kabupaten Bandung. Di kawasan ini terdapat objek wisata menarik yaitu Kawah Putih.

Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 8-22°C. Di puncak Gunung Patuha itulah terdapat Kawah Saat, saat berarti surut dalam Bahasa Sunda, yang berada di bagian barat dan di bawahnya Kawah Putih dengan ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut. Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi pada sekitar abad X dan XII silam.Kawah Putih ini terletak sekitar 46 km dari Kota Bandung atau 35 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang, menuju Ciwidey.


Menuju ke Kawah Putih
Sejak tahun 1987 PT. Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten mengembangkan kawasan Kawah Putih ini  menjadi sebuah objek wisata. Untuk tiket masuk areal objek wisata Kawah Putih, setiap orang dikenakan biaya Rp 10.000,00, (update harga tiket lihat keterangan di bawah) sudah termasuk premi asuransi. Objek wisata Kawah Putih dibuka mulai pukul 07.00 dan tutup pada pukul 17.00, setiap hari Senin sampai dengan Minggu. Fasilitas bagi pengunjung di sekitar Kawah Putih sudah cukup memadai dengan adanya areal parkir, transportasi transit menuju kawah, pusat informasi, mushala, dan warung-warung makanan.


Untuk menuju ke sana, pengunjung dari Jakarta dapat melewati tol Cipularang terus menuju pintu keluar tol Kopo menuju Soreang ke arah selatan ke kota Ciwidey. Sekitar 20 – 30 menit dari kota Ciwidey terlihat tanda masuk menuju gerbang masuk objek wisata Kawah Putih yang ada di sebelah kiri jalan. Untuk menuju Kawah Putih dari gerbang masuk kawasan objek wisata Kawah Putih disarankan menggunakan kendaraan, jangan berjalan kaki karena jalan yang agak menanjak dan cukup jauh, yaitu sekitar 5,6 km atau sekitar 10 – 15 menit dengan kendaraan. Kendaraan pribadi dapat langung menuju tempat parkir luas yang tersedia tidak jauh dari kawah. Sementara pengunjung dengan rombongan besar yang menggunakan bis, atau transportasi umum dapat menggunakan kendaraan khusus yang ada di areal parkir dekat gerbang masuk untuk mencapai kawah dari pintu masuk. Kondisi jalan yang kecil dan menanjak tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan jenis bis besar maupun sedang.

Transportasi umum menuju Ciwidey dari Bandung dapat ditemui di Terminal Kebun Kalapa maupun Leuwi Panjang. Setelah sampai di Kota Ciwidey maka perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan tujuan Situ Patengan. Angkutan pedesaan yang menuju Situ Patengan ini melintasi objek-objek wisata yang ada di kawasan Ciwidey yaitu Perkebunan Strawberry, Kawah Putih, Ranca Upas, & kolam renang air panas Cimanggu. Untuk dapat menjelajahi dan menikmati keindahan alam kawasan Ciwidey dan sekitarnya rasanya tidak cukup hanya satu hari.


TEKS OBSERVASI KEINDAHAN ALAM
Raja Ampat, Papua Barat 




Beralih dari legenda empat kerajaan di Papua Barat: Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta, Kepulauan Raja Ampat merupakan surga wisata bahari di Indonesia. Kabupaten ini mempunyai 610 pulau dengan perairan jernih memesona, dihuni oleh seperempat biota bawah laut yang ada di dunia. Heterogenitas flora dan fauna bawah air Raja Ampat terkenal di seluruh dunia, membuat kawasan ini jadi surga para penyelam.

Kawasan Nabire Papua menjadi tempat habitat hiu paus raksasa. Ada juga Manta Point, lokasi para penyelam menari dikelilingi pari raksasa dengan bentangan sayap 9 meter. Bangkai kapal serta pesawat warisan Perang Dunia II berada di dekat Pulau Wai, menjadi habitat ikan hias dan anemon warna-warni. Kepulauan Raja Ampat disebut-sebut sebagai salah satu lokasi penyelaman terindah di dunia. Baik itu snorkeling maupun diving di laut dalam, Raja Ampat adalah Raja-nya keindahan bahari di Indonesia.

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau WaigeoPulau MisoolPulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Banyak orang ingin berwisata ke Raja Ampat di Papua Barat, namun merasa terhalang oleh bujet yang cukup besar. KompasTravel mencoba menghitung pengeluaran untuk berwisata ala backpacker ke 'surga di timur Indonesia' ini.
KompasTravel baru-baru ini mengikuti Festival Lovely Raja Ampat yang digelar pada 18-21 Oktober 2016. Dihimpun KompasTravel, berikut perhitungan bujet untuk wisata ke Raja Ampat ala backpacker.

1. Transportasi ke Raja Ampat
Skenarionya adalah berangkat dari Jakarta menuju Sorong, Papua Barat. Ada beberapa maskapai yang melayani rute ini antara lain Garuda Indonesia, Nam Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Xpress Air.
Harga penerbangan ke Sorong fluktuatif, dengan kisaran Rp 1,5 juta - Rp 3 juta sekali jalan. Dari hitungan terendah, maka ongkos pesawat pergi-pulang membutuhkan bujet Rp 3 juta.
Sampai di Sorong, wisatawan harus menyeberang ke Raja Ampat. Pilihannya menggunakan kapal laut atau pesawat Susi Air. Untuk menekan biaya, kapal laut adalah pilihan tepat. Kapal cepat dengan waktu berlayar dua jam dari Sorong menuju Waisai (ibu kota Kabupaten Raja Ampat) dihargai Rp 130.000.

2. Tarif wajib masuk Raja Ampat
Untuk berwisata di Raja Ampat, wisatawan dikenakan Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) yang dipatok Rp 500.000 per orang untuk wisatawan nusantara dan Rp 1 juta per orang untuk wisatawan mancanegara. Tarif ini dapat dibayarkan di pelabuhan atau kantor Kabupaten Raja Ampat.
Kriss Iba Homestay di Batanta, Raja Ampat.

3. Akomodasi
Di Raja Ampat ada banyak pilihan jenis akomodasi seperti hotel, resor, dan homestay. Untuk backpacker, homestay jadi pilihan yang tepat karena harga per malamnya paling rendah.
Kisaran harga homestay di Raja Ampat dimulai dari Rp 250.000. per malam. Saran KompasTravel, pilihlah homestay yang dekat dengan tempat wisata atau situs selam yang ingin dikunjungi. Ini akan berpengaruh pada biaya transportasi.
Untuk mencari homestay di Raja Ampat, Anda dapat membuka situs resmi Asosiasi Usaha Homestay Kabupaten Raja Ampat di http://www.stayrajaampat.id/

4. Transportasi di Raja Ampat
Bisa jadi, inilah pengeluaran terbesar Anda selama di Raja Ampat. Perlu diketahui, Raja Ampat adalah daerah kepulauan, dengan total 1.864 pulau. Jika ingin berwisata alam di Raja Ampat, Anda membutuhkan kapal motor island hopping.
Mahalnya harga BBM di Raja Ampa sangat berpengaruh terhadap harga sewa kapal motor. Contohnya untuk menuju Wayag dari Waisai, diperlukan bujet Rp 13 juta PP. Menuju Pianemo dari Waisai diperlukan bujet Rp 8 juta PP. Ke Teluk Mayablibit dari Waisai dibutuhkan bujet Rp 6 juta rupiah PP. Satu perahu motor biasanya dapat diisi 10-12 orang. 
Oleh karena itu, untuk menekan bujet transportasi di Raja Ampat, pergilah secara berkelompok. Kemampuan tawar-menawar ongkos kapal motor juga sangat diperlukan. 

5. Konsumsi
Bujet makan di Raja Ampat sebenarnya tidak besar. Umumnya, penginapan di Raja Ampat seperti homestay sekalipun menyediakan makan tiga kali sehari. Ini sudah termasuk harga kamar.
Sayangnya di luar itu, penjual makanan sedikit sulit kecuali Anda berwisata di daerah Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Harga makanan dimulai dari Rp 20.000 per porsi.
Sebelum makan, ada baiknya tanya dahulu kepada penjual berapa harga makanannya. Juga jangan lupa bawa bekal makanan sebelum island hopping atau menyelam karena perjalanan akan cukup jauh.
Dari informasi di atas, mari berhitung bujet ke Raja Ampat ala backpacker. Pemandu wisata lokal Raja Ampat menyarankan, durasi paling tepat menjelajah Raja Ampat adalah empat hari tiga malam.




TEKS OBSERVASI KEINDAHAN ALAM
Gunung Rijani, Lombok




Di atas ketinggian lebih dari 3.700 m, di situ bersemayam bentangan alam yang menakjubkan. Seolah-olah memang diciptakan para Dewa untuk memanjakan diri. Kaldera yang luas dengan danau Segara Anak yang membiru, dinding terjal dan hutan yang mengelilinginya serta Gunung Baru yang menyembul di tengah-tengahnya menjadikan puncak Gunung Rinjani dikunjungi ribuan orang selama bertahun-tahun. Belum lagi dengan lereng-lerengnya yang menghijau menyimpan keindahan dan keanekaragaman hayati yang tak ternilai. Bagi masyarakat sekitar terutama suku Sasak dan suku Bali, Gunung Rinjani adalah tempat suci tinggalnya para Dewa sehingga tak heran jika tempat indah ini adalah juga sebagai tempat berziarah.

Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 m di atas permukaan laut merupakan gunung berapi tertinggi ke-dua di Indonesia dan juga merupakan bagian dari lingkaran api. Lereng-lerengnya diselimuti oleh pepohonan yang langsung menghadap ke laut menjadikan tempat ini memiliki cuaca yang berbeda dan berperan sebagai sumber mata air di pulau Lombok. Taman Nasional Gunung Rinjani terletak di kawasan peralihan bio-geografis (garis Wallace), di mana flora dan fauna Asia Tenggara bertemu dengan flora dan fauna Australasia. Taman Nasional Gunung Rinjani yang merupakan salah satu dari 50 taman nasional yang terdapat di Indonesia didirikan pada tahun 1997.
Bagi masyarakat pulau Lombok, khususnya suku Sasak dan suku Bali, Gunung Rinjani dianggap sebagai tempat yang suci yang merupakan istana para Dewa. Kawah Danau Segara Anak merupakan tujuan ziarah bagi beribu-ribu umat manusia setiap tahunnya. Di tempat ziarah tersebut, sesajen-sesajen diletakan di atas air dan biasanya para peziarah berendam di kolam air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Bagi para pengunjung, jalur trekking Rinjani selama tiga hari yang dimulai dari Senaru menunuju ke bibir kawah turun langsung menuju kawah danau, kemudian ke Sembalun Lawang. Jalur ini telah diakui sebagai salah satu jalur trek terbaik di kawasan Asia Tenggara. Bagi para pendaki yang ingin mendapatkan suatu petualangan yang lebih dan ingin mencapai puncak, disarankan agar memulai jalur pendakiannya melalui Sembalun Lawang dan berakhir di Senaru, pendakian melalui jalur ini memerlukan waktu 4 hari.

Harga Paket Trekking sudah termasuk :
  • Tenda 3/4 ukuran 205cm x 205cm
  • Tas/Sleeping bed
  • Matras airbed
  • Buah : Apel, Jeruk, Pisang dan Nanas
  • Minuman : Air Aqua / Mineral, minuman ringan, kopi, the dan cereal
  • Makan 3x sehari dengan menu local food dan juga western food, nasi goreng, ayam goreng dan sejenisnya
  • Transportasi dari Senggigi menuju Senaru, Sembalun dan Return
  • Trekking Guide dan Porter yang berpengalaman
  • Sumbangan asuransi ke Taman Nasional Gunung Rinjani
  • Donasi untuk RCU (Rinjani Clean Up) program
  • Tiket/karcis masuk ke Taman Nasional Gunung Rinjani

Harga Paket Tour belum termasuk :
  • Tiket Pesawat
  • Transportasi dari Airport menuju Senggigi
  • Airport Tax
  • Asuransi Perjalanan
  • Biaya keperluan Pribadi (Telpon, Internet, Laundry, Room Service, Mini Bar)
  • Minuman saat makan siang dan makan malam yang tidak tercantum dalam menu
  • Tipping untuk Guide, Sopir, Porter
  • Ongkos porter yang membawa barang pribadi
  • Semua keperluan pribadi lainnya
Peserta 3 orang atau lebih secara otomatis akan masuk ke program private service, jika 1 atau 2 peserta maka bisa memilih paket sharing (digabung dengan pendaki lain dalam 1 kelompok dengan maksimal peserta 10 orang per kelompok).

Harga Paket Trekking 3 Hari 2 Malam Sharing Trip : IDR. 2.200.000 per peserta



TEKS OBSERVASI KEINDAHAN ALAM
Pantai Pandawa, Bali


Mengingat banyaknya tempat wisata di bali yang sangat menarik, terutama pantainya yang indah membuat pulau Bali memiliki segudang pantai dan para wisatawan sampai dibuat bingung untuk memilih pantai mana yang harus di kunjungi di Bali. Dalam review ini saya akan memberikan anda sedikit gambaran tentang pantai yang baru populer di Bali yaitu pantai pandawa.
Memang pantai ini tidaklah pantai yang baru dibuka, karena pantai ini memang sudah ada dan dikunjungi wisatawan dari bertahun-tahun lalu, hanya karena adanya pembangunan proyek besar di kawasan pantai pandawa membuat pengelola memperbaiki akses serta sarana untuk mencapai pantai ini lebih mudah lagi. dan dalam hal ini desa adat Kutuh, kuta selatan juga tak mau tinggal diam dan ikut mengambil bagian untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di pantai ini, sampai saat ini pembangunan masih berlangsung tapi sudah memperlihatkan keindahan kawasan pantai yang tertata rapi, mungkin belum sempurna betul tapi saya yakin dalam beberapa tahun kemudian pantai ini akan menjadi the new kuta atau pantai kuta baru di pulau Bali mengingat kunjungan wisatawan akan terus meningkat.

Lokasi Pantai Pandawa
Sangat mudah untuk mencapai pantai pandawa. kita ambil titik start point dari kota Denpasar, lalu menuju ke selatan, jika ingin perjalanan lebih lengang anda bisa melewati jalan tol, sesampainya di daerah Nusa Dua lalu ke bukit Ungasan. sampai saat ini anda akan banyak melihat marka jalan sebagai petunjuk menuju pantai pandawa. Jika tidak mau repot saya sudah siapkan peta untuk anda yang lebih detail.

Pantai Pandawa, Pantai Indah Dengan Berbagai Pesonannya

Pantai Pandawa adalah pantai yang akses serta sarana dan prasarana yang baru diperbaiki, ini terlihat dari tebing kapur yang dibuka dan diperlebar menjulang tinggi, sangat jelas terlihat bahwa pantai ini nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di pulau Bali karena kita bisa menikmati pantai ini dari segala sudut.
Baik, kesan pertama yang akan anda dapatkan begitu mencapai pantai pandawa adalah “Spektakuler!” begitulah, bukit kapur tinggi menjulang tertata rapi serta patung para Panca Pandawa akan menyambut anda. ya, sudut dalam dinding kapur pantai pandawa terdapat lima patung para Pandawa yang tingginya masing-masing 5 meter dengan lebar 2,5 meter sebagai simbol penguat tentang pantai ini. Beralih ke pantainya, Seperti halnya pantai indah lainnya di pulau Bali, pantai pandawa memiliki pasir putih halus dengan air yang biru jernih.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa.

Ada berbagai aktivitas wisata menarik yang bisa anda lakukan di pantai pandawa dan inilah yang menjadi alasan mengapa pantai ini sangatlah populer. selain menikmati pantai secara langsung seperti berenang, bermain air atau sekedar berfoto bersama, anda juga bisa memilih beberapa hal menarik di dibawah ini.

Bersantai di pinggir Pantai.

Bukan bersantai seperti biasa, tapi dibawah payung yang banyak tersedia di sepanjang pantai pandawa sambil ditemani es kelapa muda atau minuman dingin untuk melawan teriknya matahari pantai. Harga sewa untuk payung dan kursi santai adalah 50.000 rupiah sepasang untuk 3 jam. Harga yang pantas anda bayarkan untuk fasilitas seprivate dan senyaman ini dipantai. jika anda ingin sesuatu tinggal panggilkan pelayan. atau jika anda ingin menghemat uang tanpa menyewa kursi santai dan payung, anda bisa menikmati minuman dingin di warung-warung sekitar pantai.

Bermain Kano.

Bagaimana dengan bermain kano? anda bisa melakukannya maksimal 3 orang satu perahu, benar-benar sangat menyenangkan apalagi jika anda berdua saja bersama orang yang anda sayangi atau cintai. Cukup aman bermain kano walaupun anda tidak bisa berenang karena para penyewa kano akan selalu memberikan anda pelampung dan di sepanjang pantai terdapat beberapa lifeguard yang akan selalu mengawasi anda agar selalu aman.

Fasilitas Pendukung di Pantai Pandawa.

Karena telah menjelma menjadi pantai yang sangat populer di Bali maka prasarana di pantai Pandawa sangatlah lengkap. mulai dari parkir yang luas, tempat bilas, toilet dan lain-lain. Selain itu pelayanan informasi di pantai ini juga sangat baik serta selalu ada ambulance yang standby untuk menanggulangi hal yang tidak diinginkan secara cepat.
Dan itulah sepenggal review singkat saya tentang pantai pandawa, dan berharap akan menjadi bagian tempat wisata anda harus kunjungi saat berlibur ke Pulau Bali. Semoga Bermanfaat, selamat berwisata dan Enjoy Bali.

Paket Harga Termasuk :
* Speed Boat Marina Ancol – Pulau Sepa – Marina Ancol
* Welcome drink
* Makan Siang
* Free 1 jam  Canoe
* Pajak Pelayanan 21%

Harga Paket Termasuk :
* Speed Boat Marina Ancol – Pulau Sepa – Marina Ancol
* Welcome drink
* Akomodasi
* Makan 2 Hari 1 Malam (2x siang, 1x malam, 1x pagi), 3D2N (3x siang, 2x malam, 2x pagi)
* Coffee break
* Free 1 Jam Canoe
* Tax service

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta