Sunday, May 24, 2015

Tips Cara memformat USB Flashdisk yang muncul pesan “The disk is write protected”

Belum lama saya diminta bantuan oleh teman saya untuk memformat USB Flashdisk-nya. Mungkin dalam benak saya, memformat USB Flashdisk itu tidak susah, cukup dengan klik kanan kemudian pilih Format, ikuti instruksi berikutnya sudah bisa diformat. Namun, ternyata kasusnya berbeda dari format USB Flashdisk biasa, yaitu munculnya pesan “The disk is write protected” saat akan diformat, seperti pada gambar berikut.
Pesan Error
Pesan Error “The disk is write protected”
Pesan tersebut muncul karena adanya batasan dalam hak akses ke USB Flashdisk anda. Hak Akses yang diperbolehkan hanya untuk membaca saja, tapi tidak untuk menulis. Mak dari itu, ketika misalkan anda ingin membuka USB Flashdisk tersebut, ada pesan yang meminta anda untuk menghapus hak akses tersebut agar bisa digunakan kembali.
Saya mencoba mencari solusi dari Google. Ada beberapa solusi yang bisa saya gunakan. Mungkin masih bisa berjalan, mungkin juga tidak. Tapi, solusi berikut ini saya coba ke USB Flashdisk teman saya.

via Command Prompt (Administration)

Saya mencobanya dengan menggunakan bantuan Command Prompt, seperti pada gambar berikut.
Solusi dengan Command Prompt
Solusi dengan Command Prompt
Ternyata, saat ini menghapus write-protected tersebut, terjadi error. Saya tidak kehilangan akal, coba mencari solusi kembali

via Registry Editor

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Run, masukkan regedit, masuk ke Registry Editor
  2. Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE, pilih SYSTEM, pilih CurrentControlSet, pilih Control, pilihStorageDevicePolicies
Solusi menggunakan Registry Editor
Solusi menggunakan Registry Editor
Ternyata, folder StorageDevicePolicies tidak tersedia. Karena tidak ada, maka saya coba membuat Keybaru di folder Control.
Membuat Key
Membuat Key
Beri nama StorageDevicePolicies, kemudian di dalamnya buat lagi DWORD baru dengan namaWriteProtect dan set value 0. Setelah itu, tutup Registry Editor dan Restart laptop.
DWORD dengan value 0
DWORD dengan value 0

via Safe Mode (F8)

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut (Windows 7)
  1. Matikan komputer atau laptop
  2. Masukkan USB Flashdisk ke komputer atau laptop
  3. Hidupkan kembali komputer atau laptop, jangan lupa tekan F8 saat booting
  4. Muncul pilihan booting, pilih Safe Mode with Command Prompt
  5. Setelah selesai loading, cek drive letter dari USB Flashdisk, tempat saya drive letternya E
  6. Masuk ke USB Flashdisk (E) dengan perintah C:\windows\system32>G: kemudian tekan Enter
  7. Format USB Flashdisk dengan perintah G:\format G: kemudian tekan Enter
  8. Jika muncul pilihan (Y/N), pilih Y, tekan Enter
Untuk masuk ke Safe Mode pada Windows 8, Anda bisa mengunjungi artikel saya yang lain di sini.
Ternyata hasil dari format USB Flashdisk teman saya adalah USB Flashdisk berhasil saya format dengan menggunakan cara Safe Mode.
Menggunakan Safe Mode
Menggunakan Safe Mode
Tambahan informasi dari saya, pada awalnya saya berhasil memformat USB Flashdisk tersebut seperti pada gambar di atas. Setelah itu, saya coba memasukkan file dan masih bisa. Terakhir, saya coba gunakan untuk membuat OS Ubuntu di Flashdisk tersebut, dan ternyata terjadi pesan error seperti pada awalnya, “The disk is write protected”. haha (Kamis, 27 Februari 2014. 18:45 WIB)
Ternyata, ketiga cara yang saya berikan, untuk kasus USB Flashdisk teman saya masih menemui kendala. Tapi, tidak ada salahnya juga apabila anda mencoba cara yang saya berikan. Mungkin bermasalah dengan“merk”. haha
Semoga bemanfaat.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta