Friday, October 16, 2015

Fungsi Driver pada Komputer


Dalam bahasa inggris, driver berarti sopir atau pengendali. Lantas apa sih fungsi driver pada komputer? Driver adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat keras atau hardware dalam komputer, laptop maupun notebook.

Tanpa sebuah driver, hardware baru kita tidak akan bisa dikenali oleh sistem operasi. Sehingga tidak bisa dijalankan untuk melakukan aktivitas tertentu.  Ibarat sebuah mobil, tidak akan bisa berjalan dengan sendirinya tanpa adanya seorang supir. Cukup jelas untuk difahami bukan!

Dalam hardware dasar komputer, ada beberapa driver, antara lain : driver BIOS, audio, chipset, mouse, keyboard, video card, network, webcam, storage. Sedangkan untk hardware tambahan, bisa berupa driver scanner, printer, tv dan lain-lain.

Driver untuk komputer ada dua macam. Yaitu ada yang perlu melakukan install sendiri, misalnya menggunakan driverpack solution dan ada pula yang menggunakan sistem PLUG and Play. Jadi sekali tancap langsung muncul pemberitahuan untuk melakukan install driver. Contoh driver modem USB, TV tunner dan USB WIFI adapter.

Sekian dulu sekelumit bahasan tentang fungsi driver pada komputer. Saya harap hal tersebut bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai tambahan pengetahuan. Sehigga akan semakin menambah pengetahuan kita.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta