Friday, October 16, 2015

Macam Macam Processor Komputer dari Berbagai Spek

Nah… Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk sedikit berbagi informasi mengenai macam-macam processor yang dipakai dalam sebuah komputer. Anda juga bisa membaca tentang fungsi processor pada postingan sebelumnya.

Di Indonesia kita tahu ada 2 jenis processor yang paling digemari oleh masyarakat, yaitu INTEL dan AMD. Hal ini memang tidak lepas dari kehandalan kedua processor tersebut dari segi performa dan kualitas. Dan sudah dibuktikan oleh masarakat. Namun kali ini akan berbagi lebih banyak informasi mengenai jenis processor, yaitu :
  1. INTEL (gb 1)

    Merupakan sebuah processor buatan Intel Corporation. Masyarakat pasti tidak meragukan lagi dengan yang satu ini. Awal dibuat pada tahun 1968 yang mempunyai kelebihan sebagai berikut :
  • lebih tahan terhadap panas
  • Mempunyai turbo bost yang berguna untuk meningkatkan performa dan kecepatan. Seperti pada  jenis Core I3, I5 dan I7.
  • Memiliki brand alias nama yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat, sehingga mempunyai daya jual yang tinggi.
    2.  AMD (gb 2)
     AMD adalah kependekan dari Advanced Micro Device Inc. Merupakan pesaing utama intel.  Processor jenis ini banyak diminati oleh penghobi game. Karena ada salah satu produknya yang dilengkapi dengan VGA Ati Radeon. Jika dibanding dengan intel, konsumsi daya AMD lebih besar, sehingga lebih boros listrik.
    3. ARM (gb 3)
       Mungkin anda jarang atau belum pernah mendengar jenis processor ini, karena memang sebagian besar digunakan pada perangkat Handpone, music player dan router.
    4. CYRIX (gb 4)
       Diproduksi pertama pada tahun 1988. Mempunyai fitur kecepatan yang cukup optimal dan juga suhu kerja yang rendah. Namun secara kwalitas, masih dibawah intel dan AMD.
    5. TRANSMETA (gb 5)
        Awal diproduksi tahun 1995. Keunggulannya yaitu membutuhkan daya yang lebih sedikit, harga yang lebih murah dan tidak cepat panas.
    6. VIA (gb 6)
     Pertama kali diproduksi tahun 1987 oleh Negara Taiwan. Dan lebih difokuskan untuk menjalankan perangkat yang lebih ringan dan relative kecil.
               
    7. CENTAUR (gb 7)
     Dibuat pada tahun 1995 oleh Glen Henry dkk. Namun kemampuna processor ini masih kalah dibanding diatas.
Itulah artikel dari saya mengenai macam-macam processor pada komputer. Mugkin bisa dijadikan sebagai referensi pengetahuan tambahan dan juga sebagai dasar ilmu memperbaiki laptop maupun komputer.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta