Friday, October 16, 2015

Syarat-syarat Upgrade RAM Pada Laptop


Jumpa lagi di blog indraservicelaptop. Kali ini izinkan saya untuk berbagi sedikit ilmu tentang syarat upgrade RAM pada laptopmaupun komputer. Pada hakikatnya si sama saja untuk laptop maupun komputer. Karena keduanya hanya beda pada desain bentuknya saja. 
Dalam melakukan upgrade laptop ada beberapa ketentuan yang perlu untuk dipertimbangkan. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kinerja dari sebuah komputer. Nah… Syarat-syarat untuk melakukan upgrade pada RAM laptop adalah sebagai berikut :

  • Tentukan tujuan utama anda melakukan upgrade
Dalam melakukan upgrade memori, hal ini juga perlu untuk dilakukan. Misalnya saja anda adalah seorang pelajar. Nah keperluan utamanya mungkin hanya untuk mngerjakan tugas sekolah. Dalam hal ini Microsoft office lebih diperlukan. Selain itu mungkin untuk browsing untuk mencari referensi tambahan. Untuk permasalahan ini menggunakan RAM standard saja saya rasa sudah cukup. Aksesnyapun saya rasa juga tidak terlalu lambat.
Lain halnya jika anda seorang desainer. Yang membutuhkan kecepatan akses data dan program yang berat seperti autocad, corel, photoshop. Software tersebut sangat memaksa processor untuk kerja lebih keras. Dalam hal ini, upgrade memori akan sangat membantu untuk meningkatkan kinerjakomputer. Jadi, kenali lebih detail keperluan anda.
  • Sesuaikan biaya anda
Hal ke-dua yang tidak kalah pentingnya yaitu menyesuaikan keuangan anda. Anda ingin sekali melakukan upgrade memori yang speknya tinggi tetapi uang tidak cukup untuk membelinya. Sedangkan kita tahu bahwa memori yang tinggi harganyapun tidak murah. Jika mengetahui hal tersebut bisa diatasi dengan membeli RAM tipe yang lain. Tetapi perlu utuk digaris bawahi, bahwa semua itu kembali kepada spek dari processor. Penjelasannya pada poin ke-tiga dibawah ini.

  • .Ketahui spesifikasi processor anda
Ini hal yang sangat penting sekali dilakukan. Setiap processor yang tertanam pada sebuah laptop tentu mempunyai batas maksimal dalam penggunaannya. Maka dari itu akan sangat membantu jika kita mengetahui seberapa maksimalkah processor kita bisa menampung RAM.
Sebagi contoh, saya menggunakan processor Intel® Core™ i3-390M

Coba buka spesifikasi hardware laptop anda. Jika sudah maka menurut ane, ada 3 poin penting yang harus diperhatikan yaitu :

Batas maksimal memori yang bisa dibaca
Kembali pada info hardware laptop kita. Disitu tertera batas maksimal dari memori yang bisa digunakan, yaitu 8 GB. Jika kita melakukan upgrade 16 GB, akan percuma, karena processor akan tetap membacanya dengan 8 GB. Selain itu, saying uangnya Br…! Kan bisa dihemat dengan beli RAM 8 GB.

Kecepatan RAM
Dari data diatas, spek RAM saya DDR3 800/1066. Tipe RAM DDR3 ada beberapa macam misalnya PC8500, PC10600, PC12800, PC15000 dan PC16000. Dan data masing-masing kecepatannya adalah :
PC8500 = 1060 Mhz
PC10600 = 1333 Mhz
PC12800 = 1600 Mhz
PC15000 = 1875 Mhz
PC16000 = 2000 Mhz

Ketahui channel memori yang mendukung processor
Channel disni dimaksudkan tipe memori yang nantinya terpasang akan disesuaikan dengan dudukan slot yang tersedia. Sebagai contoh saya sediakan dua tipe RAM yang berbeda :
corsair 8 GB PC1060/ DDR3/ CMS08GX3M1A1333C9
* corsair 8 GB PC1060/ DDR3/ dual channel CMS08GX3M1A1333C9

Perbadaan keduanya yaitu terletak pada kata yang saya garis bawahi, yaitu dual channel. Maksudnya ketika kita beli RAM pada poin pertama, yang kita dapat 1 keping dengan kapasitas 2 GB. Tetapi pada saat membeli tip eke-dua yaitu dual channel, maka akan memperoleh 2 keping memori dengan kapasitas 4 GB per keeping. Intinya sama, tetapi jumlahnya saja yang berbeda. Tentu saja jumlah slot yang tersedia dilaptop akan sangat mempengaruhi.

Sekian dulu bahasan dari sya tentang syarat upgrade RAM laptop. Semoga bisa menambah wawasan kita bersama. Trima kasih telah mengunjung 

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta