Thursday, April 9, 2015

Safe mode command prompt untuk mengatasi eror windows


Berhubung baru saja saya mendapatkan orderan install ulang windows karena windows pelanggan ada yang error, sekalian saja saya tulis tutorial nya disini, atau lebih tepatnya problem solving yang saya lakukan.

Alkisah laptop pelanggan merk Toshiba gagal booting, jadi hanya sampai tulisan Weclcome tanpa bisa masuk ke dalam desktop. Melihat permasalahan seperti itu, saya sempat berfikir sejenak, wah sepertinya harus install ulang nieh. Saya oprek sebentar, sepertinya ada cara yang lebih mudah tanpa harus install ulang, yaitu melalui Safe mode command prompt.

Apa itu Safe mode command prompt Safe mode merupakan opsi pilihanstart up windows yang fungsi utamanya menangani jika ada masalah dengan sistem. Windows akan berjalan dengan kondisi minimal, hanya file-file dan driver yang penting saja yang di aktifkan, termasuk juga software-software tambahan sebagian besar tidak diaktifkan. Kemudian ketika sudah masuk safe mode, maka akan tampak tulisan “Safe Mode” di pojok atas windows.


Bagaimana cara masuk Safe mode ?
Ada 2 cara untuk masuk ke safe mode, cara yang pertama adalah, restart komputer anda dan jangan lupa saat booting tekan pada keyboard F8, maka akan muncul safe mode. Dan jika tidak mau repot bisa menggunakan cara yang kedua, yaitu klik Start -> ketik "msconfig" (tanpa tanda petik) -> pilih tab Bootdan OK

Safe mode sendiri umumnya terdiri dari 3. Yaitu Safe mode default, safe mode with networking dan safe mode with command prompt.


  • Safe Mode, opsi ini berarti windows akan berjalan hanya menggunakan minimal file dan driver termasuk juga software-softwarenya.
  • Safe Mode with Networking, opsi ini seperti safe mode ditambah dengan driver sehingga kita bisa memanfaatkan Jaringan ( Networking)
  • Safe Mode with Command Prompt, sama seperti safe mode hanya saja program Command Prompt / MS-DOS Prompt ( cmd.exe) akan langsung aktif ( bukannya explorer)


Namun pada kasus ini, kita akan menggunakan safe mode command prompt , karena saat saya menggunakan safe mode default, system restore yang ingin saya jalankan ternyata di disable, akibat Windows yang terdeteksi PALSU.

Cara menggunakan Safe mode command prompt :

  1. Masuk ke safe mode melalui cara diatas.
  2. Log On sebagai Administrator atau User dengan "level administrator".
  3. Pada jendela (consolecommand prompt ketikkan sbb. :
  4. Untuk Windows 7 ketik :  rstrui.exe  dan tekan [Enter].
  5. Untuk Windows XP ketik : %systemroot%/system32/restore/rstrui.exe  dan tekan [Enter].
  6. Jendela interface System Restore akan tampil, dan silahkan lakukan System Restore, untuk mengembalikan sistem ke konfigurasi sebelum terjadi masalah.
  7. Setelah selesai, restart komputer, dan berdoalah agar semuanya kembali normal.
  8. Jika ternyata gagal, ulangi prosesnya, dan pilih Restore Point yang lain ( biasanya dalam System Restore terdapat beberapa Restore Point)

Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar berikut :

http://kangtokkomputer.weebly.com/uploads/1/0/7/2/10728777/7943980_orig.jpg

Dan Bingo ! windows kembali normal, dan tanpa perlu install ulang. Saya berhasil masuk ke system restoredan mengembalikan konfigurasi windows yang error. Sekarang tinggal di crack saja :)


Referensi :
1.  http://kangtokkomputer.weebly.com/system-restore-dari-safe-mode-command-prompt.html
2. http://sofyansniper.blogspot.com/2013/05/cara-masuk-ke-save-mode.html
3. http://ebsoft.web.id/safe-mode-manfaat-dan-penggunaannya/

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta