Thursday, April 9, 2015

Tips Mudah Cara Mengatasi Pesan Error Saat Startup



Ini mungkin tampak konyol bahwa disini ditulis satu set instruksi untuk "mengatasi masalah pesan error" mengingat ribuan macam pesan error yang mungkin muncul dan dilihat oleh pengguna komputer dari saat menghidupkan power sampai ketika desktop Anda muncul.

Namun, faktanya adalah apabila Anda melihat pesan error maka hal tersebut menempatkan Anda dalam kelas korban yang relatif beruntung dalam kaitanya dengan kegagalan komputer. Pesan error memberitahukan tempat spesifik dimana error terjadi, tidak seperti gejala samar seperti layar blank atau tidak ada power sama sekali.



Inilah cara mengatasinya:

  1. Catat dengan detail pesan error tersebut. Meskipun ini mungkin tampak jelas bagi sebagian orang, menuliskan pesan error secara keseluruhan dan tanpa kesalahan mungkin merupakan hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan ketika Anda menemukan pesan error ketika komputer Anda mulai dinyalakan.

    Salah ejaan pada file DLL atau menuliskan karakter yang salah dalam kode STOP, bisa membuat Anda mencoba untuk memperbaiki file, driver, atau bagian dari perangkat keras yang tidak ada sangkut pautnya dengan masalah tersebut.

  2. Seperti yang telah disebutkan di atas, ada ribuan macam pesan error yang mungkin muncul selama proses startup komputer. Namun, ada beberapa pesan yang lebih sering muncul.

    Jika Anda "beruntung" cukup untuk menerima salah satu dari kesalahan-kesalahan umum ini. Anda tak perlu lagi berkeliling mencari solusinya dan dapat memulai pemecahan masalah yang menyebabkan error tersebut:


    Catatan: Pesan error yang Anda lihat tidak harus persis seperti yang tercantum di atas. Misalnya, masalah hal.dlldisebabkan oleh berbagai macam masalah tapi selalu akan menyebutkan hal.dll.

    Memiliki error selain dari yang tercantum di atas? Tidak masalah, Anda hanya tidak mengalami salah satu dari pesan error umum. Lanjutkan ke Langkah 3 di bawah ini untuk membantu.

  3. Cari di mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau di situs PC Support untuk panduan troubleshooting yang khusus untuk pesan error. Terdapat panduan troubleshooting individual lebih dari seribu pesan error tertentu dan kemungkinan memiliki pesan yang sama dengan yang Anda lihat ketika menyalakan komputer Anda.

    Pesan error saat startup merupakan indikasi suatu masalah tertentu jadi sangat penting untuk memecahkan masalah langsung ke tempat spesifik yang diindikasikan oleh pesan error. Tidak perlu membuang-buang waktu menguji bagian perangkat keras atau mengganti file yang tidak terkait.

    Catatan: PC Support juga menyimpan daftar panduan troubleshooting pesan error secara urut di direktori Find by Error Message.

  4. Jika saat ini belum tersedia informasi pemecahan masalah yang spesifik untuk pesan error, Anda mungkin masih mendapatkan keuntungan dari sedikit informasi tentang pesan tersebut.

    Berikut adalah link ke daftar pesan error yang mungkin Anda lihat:


    Terdapat juga menyimpan daftar kode error Device Manager dan kode status HTTP tetapi jenis masalah yang menyebabkan error ini bukan jenis yang mencegah Windows saat startup.

  5. Jika Anda belum mendapatkannya, Anda juga harus mencoba untuk mencari solusi untuk masalah Anda menggunakan mesin pencari favorit Anda.

    Untuk hasil terbaik, string pencarian Anda harus menyertakan pesan error lengkap atau nama file yang merujuk pada pesan tersebut, dengan asumsi satu direferensikan.

  6. Apabila anda belum dapat menyelesaikan masalah anda, ada baiknya anda menyerahkannya kepada teman atau kolega anda, ataupun ke pusat servis resmi komputer anda.

Catatan: Apabila anda mengalami masalah spesifik lainnya pada komputer, Anda dapat menyerahkannya kepada teman atau kolega anda, ataupun ke pusat servis resmi komputer anda, atau Anda dapat menuju ke panduan "Bagaimana Memperbaiki Komputer yang Tidak Menyala" jika ingin berusaha sendiri terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta