Monday, April 6, 2015

Tips Mudah Cara Sembunyikan Video dari Galeri Tanpa Aplikasi

Cara sembunyikan video dari galeri tanpa aplikasi. Itu judul tutorial kali ini di Dunia Android. Perlu diketahui bahwa secara default segala file gambar dan video yang didukung oleh sistem android itu sendiri. Banyak sebagian pengguna android atau sistem lainnya ingin adanya privacy atau maksud lain agar file tersebut dapat tersembunyi atau dengan kata lain tidak ditampilkan di thumnail preview galeri. Kali ini saya akan memberikan tips cara menyembunyikan video dari galeri tanpa aplikasi apapun.

Kalau pada artikel saya terdahulu ada tutorial cara menyembunyikan file video menggunakan aplikasi keep safe kali ini saya sajikan cara yang praktis namun jitu tanpa secuil aplikasipun. langsung saja ikuti tutorialnya step by step di bawah ini.

1. Buka aplikasi bawaan HP android yang bernama 'FileManager'.

2. Setelah terbuka, cari letak file video yang ingin disembunyikan dari galeri.

3. setelah ketemu, 'rename' atau ubah ekstensi nama file tersebut. umpama nama file video 'abc.3gp' maka ubah akhirannya menjadi 'abc.jpeg' atau 'abc.doc' , lihat contoh di bawah.

4. Setelah berhasil dirubah maka file tersebut tidak akan bisa terbuka lagi untuk sementara dan tidak ditampilkan di thumbnail galeri lagi.

5. Untuk membuka atau memutar file video yang tadinya berubah ekstensi namanya silahkan kembalikan lagi format ekstensinya seperti sedia kala. contoh bila tadi 'abc.jpeg' ganti lagi dengan format aslinya menjadi 'abc.3gp' . pasti dapat dibuka dan diputar kembali. Mudah bukan ???


Nah, cara diatas tidak hanya bisa dilakukan di sistem android saja namun juga bisa dilakukan dibeberapa sistem operasi, Di PC-pun bisa lho. Teknik yang terlihat sederhana tersebut sebenarnya teknik yang biasa dilakukan para 'cracker' untuk menciptakan sebuah virus yang bisa 'menyembunyikan' sebuah file yang sebenarnya file tersebut sejatinya masih ada namun hanya berubah ekstensi filenya saja. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta