Thursday, April 9, 2015

Ms. Excel : Membuat Beberapa Baris dan Kolom Tidak Terpengaruh Scroll (Freeze Panes)

Ada saat dimana saat menggunakan Ms. Excel, kita membuka data tabel yang berisi belasan kolom dan ratusan baris atau bahkan lebih banyak. Lalu masalah muncul saat Anda ingin melihat baris terakhir dimana judul kolom menjadi tak terlihat, atau anda melihat kolom terakhir dimana kolom awal menjadi tak terlihat.

Jika anda ingin melihat semua data secara bersamaan, dan anda memperkecil zoom hingga 40%, menjadikan data akan sulit terbaca. Ms. Excel (dalam kasus ini saya menggunakan 2010/2013) memiliki fasilitas "Freeze Panes" yang memudahkan anda melihat data beserta headernya.


Mari kita lihat contoh berikut:

Dari contoh diatas hanya dapat terlihat data selama 5 bulan dan hanya sampai baris ke 21. Lalu untuk memudahkan pembacaan data, worksheet dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu bagian kanan dan kiri antara kolom A dan B, dan bagian atas dan bawah antara baris 2 dan 3. Baris ke-2 harus tetap diposisi saat halaman discroll kebawah, begitu juga kolom A harus tetap diposisi saat halaman discroll kesamping kanan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita menggunakan fungsi "Freeze Panes", dengan langkah sebagai berikut:
  1. Posisikan kursor cell di B3
  2. Klik View → Freeze Panes → pilih "Freeze Panes" pada menu drop down (atau dengan shortcut Alt + WFF)

Pada contoh ini, Excel mengunci panel atas dan kiri diatas baris 3 dan dikiri kolom B.
Ketika Excel mengatur "Freeze Panes", batas-batasnya digambarkan dengan garis tipis, yang dapat dikonvert untuk fungsi split.

Lihat apa yang terjadi saat Anda scroll halaman kebawah setelah fungsi "Freeze Panes" diset. Gambar dibawah terlihat bahwa baris ke 21sampai 30 muncul dibawah baris 1 dan 2. Karena secara vertikal, baris judul dan header pada worksheet dikunci, dan tetap ditempat saat halaman discroll. (normalnya baris 1 dan 2 akan menghilang terlebih dahulu saat halaman discroll)



Lihat apa yang terjadi saat Anda scroll halaman kekanan setelah fungsi "Freeze Panes" diset. Gambar dibawah terlihat bahwa kolom I sampai M muncul setelah kolom A. Karena kolom A pada worksheet telah dikunci, dan tetap ditempat saat halaman discroll kekanan. 


Catatan:
  • Klik pada "Freeze Top Row" atau "Freeze First Column" pada menu drop down akan mengunci baris pertama atau kolom pertama saja, tanpa terpengaruh dimana letak cursor cell berada.
  • Untuk menghilangkan efek Freeze Panes, klik pada View → Freeze Panes → lalu pilih "Unfreeze Panes" pada menu drop down (Shortcut Alt + WFF)

No comments:

Post a Comment

Official Virgozta